Pages

Senin, 05 Juni 2017

KUPAS TUNTAS GAME DOTA 2 REBORN





1. PENGENALAN GAME DOTA 2 REBORN
 
          Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai DOTA2 Reborn yang merupkan update dari game dota 2. DOTA 2 Reborn diklaim hadir dengan beragam kelebihan selain peningkatan visual. Ia diklaim kini lebih optimal untuk dijalankan dengan PC ber-spesifikasi rendah, dukungan terhadap Custom Games, dan beragam fitur lainnya.

2. MMR PADA GAME DOTA 2 REBORN
 

MMR  ( Matchmaking Rating ) merupakan sebuah sistem yang dikembangkan oleh developer game Dota 2, dimana didalam game ini MMR merupakan nilai yang menentukan skill seseorang didalam game.Untuk Jenis dari Mode Matchmaking ini ada 2 macam yaitu :

A. Solo mode MMR

       Mode ini memungkinkan seorang player untuk bermain matchmaking mode tanpa party ( sendirian ). Dalam mode ini kita akan bertemu player lain yang di acak oleh sistem. Mode ini menuntut kerjasama yang sangat besar dikarena setiap player tidak saling mengenal karakteristik masing-masing sehingga kerjasama itu mutlak untuk dilakukan.

B. Party mode MMR
 
       Matchmode ini dibuat untuk player yang selalu bermain dalam sebuah Party.Dalam mode ini kita akan bertemu player lain yang di acak oleh sistem tetapi berbeda dengan solo mode , disini kita hanya akan bertemu dengan party lain.  Walaupun bermain dalam sebuah party tetap saja membutuhkan  kerjasama untuk memenangkan game.

 
3. TIPE – TIPE HERO BY ATRIBUTE
 
 
Nah di DOTA 2 ini hero memiliki 3 tipe yaitu Agility, Strength dan Intelligence. Agility adalah tipe hero yang memiliki keahlian pada kecepatan menyerangnya (attack speed) dan armor, tipe ini biasanya adalah tipe yang kuat diakhir game (late game). Strenth adalah tipe hero yang biasanya kuat healthpoolnya lebar dan regenerasi darah atau hp lebih cepat, tipe ini biasanya adalah hero yang dapat mendapat banyak damage dan membiarkan musuh menargetkan dirinya. Intelligence adalah tipe untuk hero yang lebih banyak menggunakan kekuatannya maka dari itu mereka memiliki manapool lebih lebar dan mana regen lebih cepat, tipe ini biasanya adalah hero support yang membantu tim. Setiap hero memiliki semua atribut, namun ada primary atributte yaitu atribut utama. 
Setiap hero memiliki point atribut yang berbeda-beda, setiap poin akan menambah satu damage dan stats yang dimiliki, misalnya hero dengan primary agility memiliki attack speed 0.2/s, 2 armor dan 10 damage, lalu dia membeli item yang menambah stats (+agility) misalnya +10agility, maka attack speed menjadi 0.8/s, 4 armor dan 20 damage.
  • Untuk Strength, setiap poinya menambah 19 health untuk hp maksimum dan menambah 0.03hp/detik. Apabila strength adalah primary attribute, maka setiap 1 poinya menambah 1 damage
  • Untuk Agility, setiap poinya menambah 0.14 armor dan menambah 1 attack speed. Apabila agility adalah primary attribute, maka setiap 1 poinya menambah 1 damage
  • Untuk Intelligence, setiap poinya menambah 13 mana untuk mana maksimum dan menambah regenerasi 0.04/detik. Apabila Intelligence adalah primary attribute, maka setiap 1 poinya menambah 1 damage

4. KEUNGGULAN GAME 2 DOTA REBORN

A. Tampilan dashboard
 

                Tampilan Dashboard yang hadir pastinya memudahkan kita dalam berinteraksi, baik dengan teman kita maupun dengan orang lain. Mulai dari tampilan Party, Public Lobby, dan juga beragam fitur terbaru yang dapat kalian gunakan ketika berinteraksi dengan teman kalian didalam game. Ditambah lagi fitur ini memudahkan kalian untuk mengatur permainan dan mengundang teman kalian untuk bermain.

B. Design baru pemilihan hero
 

                Mungkin bagi kalian masih banyak yang merasa bingung mengenai tipe hero ataupun peranan hero yang selama ini hadir di DOTA 2. Nah, Valve memudahkan kalian dalam menentukan hero dengan tampilan yang bersahabat. Tampilan ini bisa kalian gunakan dengan klik lebih detail hero seperti apa yang akan kalian gunakan. Selain itu juga hadir fitur Hero Demo buat kalian yang ingin test hero dengan mudah.

C. Nonton DOTA 2 lebih mudah
 
              
              Buat kalian yang ingin menambah ilmu DOTA 2 dengan menonton pertandingan public ataupun pertandingan turnamen kali ini akan berbahagia. Pasalnya Valve menghadirkan beragam fitur saat kalian sedang menonton sebuah pertandingan DOTA 2. Kalian bisa menggunakan tampilan berupa map, ataupun tampilan langsung tanpa harus loading masuk ke dalam pertandingan tersebut. Jadi kalau bosen tinggal di ganti saja dengan mudah.

D. Panduan DOTA 2
 
        
        Buat temen kalian atau jika kalian masih baru-baru bermain DOTA 2, Valve dengan baik hati menghadirkan fitur Learning DOTA yang tujuannya untuk mengenal DOTA 2 dengan mudah dan menyenangkan. Kalian cukup bermain dengan AI atau Bot yang bisa membimbing kalian atau kalian juga bisa memberi perintah kepada Bot tersebut. Fitur Mechanic juga membantu kalian yang masih buta soal DOTA 2.

E. Beragam Custom Game


         
       Kangen main Pudge Wars atau Vampirism? Tenang, Valve mewujudkan kemauan kalian kok yang kangen sama mode game tersebut. Tentunya cukup bosan apabila seharian bermain DOTA 2 tanpa diselingi permainan lainnya. Selain itu kalian juga dapat membuat custom map sendiri yang pastinya dapat kalian modif sesuka kalian. Valve juga menghadirkan beragam kemudahan untuk kalian yang ingin mengembangkan DOTA 2.

Referensi :



Senin, 27 Maret 2017

PENGENALAN TEKNOLOGI GAME 2


1. Interaksi Fisik dalam Teknologi Game



pada kesempatan kali ini saya akan membahaas apa itu interaksi fisik game dan teknologi game. Hampir semua orang menyukai game, Muklai dari game game console sampai yang terbaru game berbasis virtual reality. Nama dalam bermain game kita bias memberikan efek candu. Efek candu tersebut berdampak pada interaksi fisik yang akan kita rasakan, mulai dari efek fisik positif dan negatif.
  •  Efek Positif
A. Meningkatkan kemampuan decision-making :
Game yang sering menampilkan interaksi decision-making adalah game seperti Adventure dan Simulasi contohnya Dragon Age, The Sims, dan lain sebagainya.

B.Meningkatkan kemapuan ingatan :
Pada video game terdapat banyak objek, map/peta(lokasi), kondisi, dan point tertentu yang harus diingat oleh pemain. Jika anda merasa sering lupa, anda dapat mencoba melatih ingatan anda dengan bermain game.

C. Meningkatkan kemampuan tentang komputer :
Sering kali ditemukan sejumlah game yang dapat dimodifikasi (disebut mod/modding) baik objek atau-pun jalan ceritanya. Biasanya ketika melakukan mods game, tidak hanya sekedar copy-paste file mods tetapi terkadang harus menginstal software tambahan dan meng-edit script tertentu. Dengan demikian dapat melatih pemain tentang komputer seperti modifikasi file, troubleshooting, masalah jaringan hingga overclocking walaupun hanya hal-hal yang mendasarnya saja.

D. Meningkatkan kemampuan mengetik di keyboard :
Seorang gamer biasanya sangat hafal dengan letak huruf pada keyboard karena banyak kunci keyboard yang digunakan ketika bermain game, tidak hanya itu, biasanya ketika bermain game online seorang gamer mampu mengetik dengan cepat karena percakapan dari teman-teman di game online yang membuatnya terbiasa dalam mengetik di keyboard.

D. Melatih kemampuan untuk mengatasi masalah, problem-solving :
Video game sudah pasti memiliki jalan cerita yang harus diselesaikan oleh pemain dimana biasanya terdapat sejumlah konflik dan permasalahan, disinilah pemain harus berfikir menemukan celah untuk mengatasi setiap konflik masalah pada jalan cerita. Hal tersebut sama seperti dalam kehidupan nyata, Anda pun harus bisa menemukan jalan keluar dari masalah apapun yang sedang dihadapi.

E. Melatih kesabaran :
Banyak video game didesain dengan tingkat kesulitan tinggi yang terkadang seorang gamer ahli pun butuh berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk menyelesaikannya. Kesabaran seperti ini pasti berguna dalam kehidupan nyata.

F. Melatih kerja sama tim :
Video game yang membutuhkan kerja sama tim membantu mengembangkan keterampilan kolaborasi.

G. Melatih kemampuan berbahasa asing :
Kebanyakan video game menggunakan bahasa inggris baik pada user interface, percakapan dan subtitle didalam game dengan demikian pemain dapat melatih kemampuan berbahasa inggrisnya. Jika pemain sudah benar-benar memahami bahasa inggris biasanya akan sangat mudah ketika bermain game online yang secara langsung berinteraksi dengan orang asing yang menggunakan bahasa inggris.
  •  Efek Negatif
A. Kecanduan :
Kecanduan bermain video game adalah dampak yang paling sering terjadi ketika seseorang sudah merasa dirinya bisa menyelesaikan setiap level yang akan datang di dalam game tersebut sehingga mereka mempunyai keinginan untuk menyelesaikan jalan cerita atau bagi pemain game online karena tidak ingin ketinggalan event-event menarik. Kecanduan merupakan dampak negatif paling sering dialami oleh gamer tetapi efek kecanduan ini bisa sembuh ketika seorang gamer tersibukkan dengan urusan selain bermain game, seperti sekolah. Salahnya, seringkali gamer muda kurang mampu mengatasi kecanduan bermain game sehingga merelakan sekolahnya untuk bermain game.

B. Konten kekerasan :
Konten kekerasan dalam video game meningkatkan respon aggresif. Terdapat sejumlah berita mengenai game dengan konten senonoh dengan tindak kekerasan serta dimainkan oleh pemain yang tidak sesuai dengan usia dan hal ini justru berbahaya secara mental . Bila seorang anak bermain game, wajib bagi orangtua untuk mengontrol dan memperhatikan game seperti apa yang dimainkan oleh anak dan orangtua perlu memperhatikan game yang dibeli oleh anak, bisa jadi game yang dibeli mengandung sejumlah konten yang tidak sesuai dengan usianya.

C. Gangguan kesehatan :
Bermain game secara intensif dapat mengganggu sejumlah kesehatan pemain, gangguan masalah kesehatan yang sering terjadi adalah kesehatan mata dan sering merasakan sakit kepala, karena terlalu lama berada di depan layar monitor
Collision Detection (Deteksi Tubrukan)
Collision Detection adalah proses pendeteksian tabrakan antar objek sehingga objek bisa bereaksi dan tidak hanya saling menembus seperti makhluk gaib. Collision Detection biasanya karena dibuat frame / pembatas pada sebuah objek sehingga objek lain yang diberi frame ketika saling bertemu tentu akan mengalami collision.


2. User Interface pada Game Komputer

 
User interface berarti tampilan antar muka pengguna. Jika didefinisikan secara sederhana User interface adalah penghubung atau mediator antar komputer dan manusia atau user komputer itu agar hubungan antara perangkat komputer dengan user bisa terjalin. User interface sangat berperan penting dalam dunia komputer karena dengan adanya user interface maka kemudahan user dalam mengoprasikan suatu perangkat komputer menjadi lebih mudah.
Desain user interface dalam game berbeda dari desain user interface lainnya karena melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatardari pengguna yang sebenarnya atau player. Sebuah desain interface pada suatu game mempengaruhi kenyamanan dan sejauh mana user atau pemain meminati game tersebut.  Dalam user interface game, terdapat sebuah teori yang dikemukakkan oleh Erik Fagerholt dan Magnus Loretzon dari Chalmers University of Technology. Dalam tesisnya mereka menulis tesis tentang desain user interface berjudul Beyond the HUD – User Interfaces for Increased Player Immersion in FPS Games. Mereka memperkenalkan istilah berbagai jenis interface yang berkaitan dengan desain video game.
            HUD itu sendiri kepanjangan dari Heads – up display, merupakan metode dimana informasi secara visul disampaikan kepada pemain sebagai bagian dari antarmukan pengguna permainan. Biasanya menunjukkan bar/kotak HP(Health Point) ataupun MP(Mana Point) dan biasanya muncul  di atas kepala karakter. Fungsi HUD ini untuk memudahkan pemain mengetahui kondisi karakter dalam permainan.
            Dalam desain antarmuka game terdapat beberapa elemen yang diantaranya adalah :
A. Diegetic
Elemen user interface yang diegetik ada dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan avatar dapat berinteraksi dengan mereka melalui visual, audible atau haptic. Elemen UI diegetik yang dieksekusi dengan baik dapat meningkatkan pengalaman narasi untuk pemain, memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan terintegrasi. Salah satu game yang mengimplementasikan elemen diegetic adalah Assassin’s Creed. Assassin’s Creed berhasil menggunakan banyak pola diegetic meskipun itu diatur dalam dunia sejarah karena pemain pemain menggunakan sistem virtual reality di masa depan. Jadi cerita sebenarnya futuristik daripada sejarah

B. Meta
Gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain.Contoh yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar, seperti percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan. Contoh: Grand Theft Auto 4 Berinteraksi dengan telepon di Grand Theft Auto 4 adalah contoh menarik. Ini meniru interaksi dunia nyata – Anda mendengar dering telepon dan ada penundaan sebelum karakter dan pemain menjawabnya. Elemen UI sebenarnya itu sendiri muncul pada pesawat hub 2D, jadi itu benar-benar elemen Meta, meskipun awal interaksi yang diegetik.

C. Spatial
Elemen User Interface yang disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia permainan yang sebenarnya (diegetik atau non-diegetik).
Fable 3 adalah contoh di mana unsur-unsur spatial yang digunakan untuk memberikan informasi lebih kepada pemain dan mencegah mereka dari melompat ke layar peta. Jejak bersinar hampir cocok dalam fiksi mengingat kualitas estetika ajaib itu tapi karakter tidak dimaksudkan untuk menyadari hal itu. Ini memandu pemain ke tujuan berikutnya.

D. Non-Diagetic
Antarmuka yang diberikan di luar dunia game, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata desain interface ini semuanya mengunakan visual heads-up display (HUD). semua menjadi sangat nyaman dengan penggunaan heads-up display (HUD) dalam permainan. Sistem ini memberikan informasi penting dengan cara yang cukup sederhana. Jika dilakukan dengan benar pemain bahkan tidak tahu itu ada. Mass Effect 3 menggunakan banyak Non-diegetik elemen UI untuk menginformasikan pemain senjata karakter dipilih dan kekuasaan – antara lain. Mengingat pengaturan futuristik itu saya tidak bisa membantu untuk berpikir jika beberapa informasi ini bisa telah terintegrasi ke dalam dunia game, narasi, atau bahkan keduanya.

3. Visibility (tampilan grafik dari scene game pada computer)



Pengertian Visibility adalah tampilan grafik dari scene game pada komputer. Yaitu, bagaimana sebuah game terlihat oleh user agar menarik dan berkualitas sehingga user dapat menikmati game tersebut.
Game bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan:
3 Dimensi object/model
Merupakan model/object 3D yang nantinya akan dijadikan sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata, musuh, permukaan tanah, pohon, dan bukit. Object 3D seperti ini bisa dibuat dengan menggunakan program seperti 3DS Max, Maya, Hash, dan Blender.
2 Dimensi graphic
Gambar 2D juga berperan dalam membuat game ini yaitu sebagai texture untuk object, sebagai latar belakang seperti langit dan pemandangan, sebagai meteran untuk nyawa dan gambar untuk speedometer pada game racing.
Level of Detail
Dalam komputer grafis, akuntansi untuk tingkat detail melibatkan menurunkan kompleksitas representasi objek 3D seperti bergerak menjauh dari penampil atau sesuai metrik lainnya seperti objek penting, kecepatan sudut pandang-relatif atau posisi. Tingkat teknik detil meningkatkan efisiensi render dengan mengurangi beban kerja pada tahap pipa grafis, transformasi biasanya simpul. Kualitas visual berkurang dari model sering diperhatikan karena efek kecil pada objek muncul ketika jauh atau bergerak cepat.
Meskipun sebagian besar waktu LOD diterapkan untuk geometri rinci saja, konsep dasar bisa disamaratakan. Baru-baru ini, teknik LOD termasuk manajemen juga shader untuk tetap mengontrol kompleksitas pixel. Suatu bentuk tingkat manajemen detail telah diterapkan untuk tekstur selama bertahun-tahun, di bawah nama mipmapping, juga memberikan kualitas rendering yang lebih tinggi. Ini adalah hal yang lumrah untuk mengatakan bahwa “sebuah objek telah LOD’d” ketika objek disederhanakan oleh mendasari algoritma LOD-ing.


·         4. Game Berjaringan

 
Dalam pembahasan game berjaringan terdapat dua kata yaitu game dan jaringan dimana memiliki pengertian yang berbeda. Dalam penulisan kali ini akan membahas tentang Game Berjaringan. Satu per satu akan saya bahas sedikit banyak untuk memahami penulisan kali ini. Bahasan pertama adalah game. Apa itu game? Game merupakan permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang di buat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin dari psikologis seseorang. Dalam game terdapat objek berupa dua dimensi hingga tiga dimensi, selain itu dalam game kita ketahui ada AI yang berfungsi sebagai alur jalan lawan (komputer) untuk melawan apa yang kita (user) input atau jalankan. Untuk jenis game terdapat banyak jenisnya. seperti game strategi, RPG, FPS, hingga game action. semua jenis game sering kita jumpai sebagai media hiburan. Akan tetapi belakangan ini banyak berkembang game yang dibuat adpat membuat kita (user) membuat kita ketagihan yang mengakibatkan lupa waktu.

Selanjutnya masuk dalam pembahasan jaringan. Apa si jaringan itu?. Pengertian umumnya adalah kumpulan sistem yang terdiri dari beberapa perangkat yang saling terhubung untuk mendapatkan hasil tujuan yang sama. Dapat dikatakan si perangkat-perangkat ini dihubungkan agar dapat terkoneksi satu sama lain. Jaringan dapat berupa sambungan yang terhubung ke dunia luas dengan koneksi internet, dan ada juga jenis jaringan offline dimana kita hanya dapat terkoneksi antar perangkat dengan sistem lokal area. Jadi, saat dimana ada suatu perangkat terhubung dengan perangkat lain, kita dapat katakan disana terdapat jaringan, entah itu online atau offlne.

Dari bahasan pengertian dari GAME dan JARINGAN, dapat dikatakan bahwa Game Berjaringan adalah suatu permainan dengan media elektronik yang dimainkan dengan cara terhubung dengan user lain dengan memanfaatkan sebuah alat penghubung jaringan agar dapat bermain game secara bersamaan dengan user lain yang berbeda tempat, waktu, hingga kondisi dengan bantuan jaringan yang dapat menghubungkan atau mengkoneksikan antar perangkat, entah itu device komputer atau perangkat lain untuk dapat bermain game. Banyak contoh dari Game Berjaringan. contoh dari Game Berjaringan adalah Dota. game atau permainan Dota pada PC ini cara mainnya adalah dengan kita terhubung antar perangkat yang menggunakan alat perantara seperti router atau yang lainnya yang dapat menguhubungkan sebuah jaringan, bahkan kita dapat bermain secara lokal atau offline bersama teman-teman dengan memanfaatkan jaringan. Contoh lain dari Game Berjaringan adalah CS (Counter Strke) dimana game ini dapat kita mainkan bukan hanya bermain sendir, tapi bahkan dapat kita mainkan beramai ramai dengan teman-teman via jaringan lokal hingga online yang beda lokasi negara ataupun benua yang baermain secara realtime bersamaan.
Dalam Game Berjaringan ini kita pasti akan akrab dengan yang namanya PING. Ping ini berperan dalam masalah real time atau ketepatan waktu pergerakan game dengan perangkat lain. semakin besar ping maka semakin buruk, dan semakin kecil ping maka akan semakin baik dalam bermain Game Berjaringan ini. Jadi, bila ping besar maka pergerakan game akan tidak sinkron dengan gerakan game lain. Jadi disarankan bila bermain Game Berjaringan kita disarankan untuk menggunakan jaringan via kabel, karena bila kita gunakan jaringan via wireless maka akan banyak noise frekuensi yang dapat merusak sinyal ping keselarasan pergerakan game. dengan demikian kita dapat simpulkan bahwa untuk bermain Game yang Berjaringan unutk memakai internet atau jaringan via kabel agar lebih stabil.

Sumber :