Pages

Jumat, 13 Mei 2016

Menganalisa Website Universitas Brawijaya


Menggunakan tools :
·         Alexa Rank
·         Website Grader
Tambahan :
·         Google webmaster

1     1.   Alexa Rank

Alexa Rank adalah sebuah peringkat yang diberikan kepada sebuah blog atau website berdasarkan banyaknya traffic atau pengunjung, penghitungan ini dilakukan oleh Alexa.com. Peringkat ini dihitung dari terbesar sampai yang terkecil, jadi semakin kecil alexa rank maka semakin bagus kualitas blog tersebut.

Pada gambar diatas menjelaskan bagaimana polpularitas website universitas brawijaya  yang ternyata menduduki peringkat 18,072 didunia dan 311 peringkat di indonesia, yang perhitungannya diambil dari pengunjung website, hasil ini cukup baik untuk website dibidang pendidikan. 

Pada gambar diatas menjelaskan dari negara mana pengunjung kita berasal, dan dalam website ubm ini pengunjung terbanyak berasal dari indonesia dengan 92%  disusul india dengan 1,2% dan selanjutnya malaysia, amerika dan singapore.

Pada gambar diatas terdapat Bounce rate dengan persentase  45.50% yang berfungsi untuk menghitung jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan blog/website anda telah setelah membuka sebuah halaman. Selanjutnya terdapat daily pageviews per visitor dengan angka  11.00% dengan maksud bahwa rata-rata visitor tiap harinya adalah 2.92. Kemudian terdapat daily time on sitenya 3:38 adalah waktu lama pengunjung tiap harinya mengunjungi website tersebut, secara keseluruhan hasil yang didapat masih cukup baik.

Pada gambar diatas merupakan data yang didapat dari mesin pencari / search engines yang dari keyword diatas 30.60% berkunjung ke website universitas brawijaya, selanjutnya keyword yang paling banyak digunakan adalah snmptn dengan 34.57% , universitas brawijaya dengan 9.31% , dikuti dengan siam ub, snmptn 2016 dan siam.
Pada gambar diatas menjelaskan tentang dimana pengunjung pergi ke subdomain dari website universitas brawijaya dan dari hasil diatas 20.89% ke subdomain lecture.ub.ac.id, selanjunya 7,92% ke subdomain blog.ub.ac.id kemudian diikuti siam.ub.ac.id, ub.ac.id dan studentjournal.ac.id.

Pada gambar diatas menjelaskan siapa yang pengunjung website universitas brawijaya berdasarkan jenis kelamin, kebanyakan yang mengakses adalah laki-laki dari pada perempuan, selanjutnya berdasarkan pendidikan paling banyak yang mengunjungi adalah mahasiswa, kemudian dari lokasi browsing paling banyak dari rumah diikuti tempat bekerja dan sekolah.

       2.   Website Grader


               Tools online gratis yang menilai situs Anda terhadap metrik kunci seperti kinerja , kesiapan mobile, SEO , dan keamanan .

  •  Performance
Pada gambar diatas menjelaskan tentang kinerja dari website universitas brawijaya, jika dilihat dari nilai yang didapat yaitu 14 dari 30 itu menandakan kinerja dari webnya belum maksimal.
·         Page Size
Dari segi ukuran halaman yang diakses mempunyai ukuran yang kecil dari ukuran maksimun yaitu 3MB, karena website universitas brawijaya hanya mempunyai ukuran 282KB yang membuat pengaksesan halaman menjadi lebih cepat.
·         Page Requests
Dari segi permintaan halaman Banyaknya file pada web memungkinkan respon terhadap request dari server lama, tapi pada website universitas brawijaya memiliki respon terhadap permintaan yang cukup baik.
·         Page Speed
Dari segi kecepatan halaman website universitas brawijaya memiliki nilai yang kurang baik karena kecepatan halamannya 9.4 detik yang menandakan cukup lampat.
  •          Mobile
Pada gambar diatas menandakan website universitas brawijaya tidak user friendly karena mendapat hasil 0 dari 30 atau nilai paling kecil.
·         Responsive
Maksudnya adalah websitenya tidak dapat menyesesuaikan tampilannya pada mobile devices.
·         View Ports
Maksudnya adalah websitenya tidak dapat mengendalikan panjang dan lebar dari device – device yang berbeda.
  •       SEO
Pada gambar diatas menjelaskan tentang SEO yang berarti suatu teknik untuk memaksimalkan suatu website agar lebih dikenal atau lebih mudah dibaca oleh search engine. Pada website www.ub.ac.id memilki nilai yang baik yaitu 25 dari 30 yang menandakan websitenya dikenal atau mudah dibaca search engine.
·         Page Titles
Mendapat nilai yang baik karena tidak lebih dari 70 karakter dan tidak mengulangi kata kunci yang sama.
·         Meta Description
Mendapat nilai yang baik karena tidak lebih dari 155 karakter dan bersifat relevan pada halaman websitenya.
·         Headings
Mendapat nilai yang buruk karena tidak terdapat heading dari konten halaman tersebut
·         Sitemap
Mendapat nilai yang baik karena terdapat sitemap yang dapat membantu pengunjung untuk navigasi sehingga mempercepat dan mempermudah.

  •       Security
Pada gambar diatas menjelaskan keamanan website www.ub.ac.id yang mendapat nilai 0 dari 30 yang menandakan websitnya kurang pada bagian keamanannya karena websitenya belum menginstall SSL certificate pada servernya.

  •  Secara Keseluruhan


            Pada gambar diatas menjelaskan seluruh hasil penilaian website www.ub.ac.id yang terdiri dari 4 penilaian yaitu Performance yang dinilai cukup baik, mobile yang dinilai buruk , SEO yang dinilai sangat baik, dan terakhir Keamanan yang dinilai buruk juga. 

3.     Google Webmasters

Google webmaster tools merupakan sebuah alat bantu atau perangkat yang disediakan oleh Google untuk mengoptimalkan sebuah blog atau website yang bisa diakses tentunya apabila blog atau situs tersebut telah didaftarkan sebelumnya ke google.

            Pada gambar diatas menjelaskan bahwa website www.ub.ac.id tidak mobile friendly karena faktor-faktor seperti diatas.

Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar