Pages

Rabu, 16 Maret 2016

Pengenalan File Transfer Protocol (FTP)



 FTP ( File Transfer Protocol)
 

FTP ( File Transfer Protocol) merupakan protocol yang umum digunakan di dalam jaringan komputer (intranet dan internet) untuk proses transfer file antar komputer. Proses transfer file ini dapat berupa pengambilan file dan komputer server ke komputer penerima dan pengopian (unggah) file dari komputer pengguna (pengirim) ke komputer tujuan (server FTP). FTP menggunakan port 21 untuk melakukan koneksi di dalam jaringan komputer.
            Protokol FTP sangat sederhana untuk digunakan, sebab hanya memerlukan otentikasi username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Selain itu, pengguna juga dapat langsung menggunakan layanan dari protokol FTP untuk transfer data tanpa perlu login. Pengguna cukup menggunakan ontetikasi anonymous login, yang mana dalam hal ini sistem di FTP sudah diset untuk dapat digunakan oleh pabrik tanpa adanya ontetikasi username dan password yang spesifik ke setiap pengguna.
            Meskipun protocol dan layanan aplikasi FTP sudah tergolong tua sejak jaringan komputer dan internet diciptakan, namun hingga saat ini masih banyak digunakan. Aplikasi FTP server dan FTP client juga sangat berlimpah, apalagi jika anda menggunakan produk open source. Demikian juga pada teknologi cloud computing yang menjadi salah satu teknologi di dalam jaringan komputer dan banyak digunakan saat ini. Misalkan apabila  menggunakan aplikasi open source FTP, yang dapat anda tambahkan melalui repository (lumbung aplikasi) dari distribusi (distro) Linux anda secara online maupun mengunduhnya dari website.

Tujuan Utama File Transfer Protocol
  • Untuk berbagi Data. 
  • Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
  • Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user. 
  • Untuk menyediakan transfer data yang reliable (andal) dan efisien.

Daftar Pustaka
  1. Yuhefizar. 2006. Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan Content Management System Joomla. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
  2. Yuhefizar. 2008. 10 Jam Menguasi Internet Teknologi dan Aplikasinya. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
  3.  Victor Haryanto Edy. 2012. Jaringan Komputer. Jakarta : CV. Andi.

0 komentar:

Posting Komentar