Pages

Rabu, 16 Maret 2016

Pengertian dan cara kerja HTTP



HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)



            HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) adalah protocol yang paling sering dan paling banyak digunakan oleh para pengguna jaringan komputer, biasanya di dalam mengakses alamat suatu situs (website). Aplikasi web (WWW/ World Wide Web) merupakan aplikasi jaringan komputer (terutama internet ) yang paling banyak digunakan saat pada beragam perangkat komputer (komputer desktop, komputer jinjing, komputer mobile, dan tablet) pada jaringan komputer pada umumnya terdapat server dan client yang saling berkomunikasi. Server dapat melayani satu ataupun beberapa buah client sekalipun.
            Terkait dengan adanya komunikasi antara server dan client, maka protocol HTTP memiliki setidaknya tiga buah fungsi. Fungsi-fungsi ini berkaitan dengan aplikasi dan layanan berbasis web (WWW). Fungsi – fungsi tersebut antara lain sebagai berikut :

  1.  Membantu web server di dalam melakukan tindakan terkait dengan permintaan dari client.
  2. Membantu aplikasi web browser untuk menyajikan data dan informasi yang dikirimkan oleh web server berdasarkan permintaan dari client.
  3. Membantu di dalam menerjemahkan pesan dan perintah yang berasal dari client ke server dan respon yang dikirimkan dari server ke client (berdasarkan permintaan dari client).
Protocol HTTP memiliki dua buah metode utama didalam layanan yang diberikan kepada pengguna jaringan komputer. Kedua metode tersebut adalah POST dan GET. Metode POST berfungsi untuk proses pengiriman data ke server, dengan melakukan penambahan, pengeditan, dan pengubahan data di server. Metode GET dikhususkan untuk memperoleh data dan informasi dari server.

Bagaimana HTTP Bekerja :

            Hypertext transfer protocol (HTTP) adalah protokol agar client dan server bisa berkomunikasi dengan gaya request-response. HTTP menentukan bagaimana format pesan dan bagaimana cara pengirimannya, serta bagaimana web server dan browser beraksi dan bereaksi terhadap berbagai perintah.

Contoh :
            Sebuah Client (browser) mengirim HTTP request ke server. Kemudian server mengirimkan respon kepada client.Respon tersebut mengandung status tentang request tersebut dan kontenyang di request.

Daftar Pustaka :

  1. Priyanto Hidayatullah dan Jauhari Khairul Kawistara. 2014. Pemrograman Web. Bandung : Informatika Bandung.
  2. Victor Haryanto Edy. 2012. Jaringan Komputer. Jakarta : CV. Andi. 
  3. Y. Maryono dan B. Patmi Istiana. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi 3. Jakarta : Quadra

0 komentar:

Posting Komentar