A. Teknologi Game
Teknologi itu memiliki lebih dari satu definisi. Salah satunya adalah
pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong
manusia menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai
dikenal sebelum sains dan teknik. Teknologi dibuat atas dasar ilmu pengetahuan
dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Kata teknologi sering
menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan
saintifik yang baru ditemukan. Meskipun demikian penemuan yang sangat lama
seperti roda juga disebut sebuah teknologi.
Definisi lainnya (digunakan dalam ekonomi) adalah teknologi dilihat dari status pengetahuan kita yang sekarang dalam bagaimana menggabungkan sumber daya untuk memproduksi produk yang diinginkan( dan pengetahuan kita tentang apa yang bisa diproduksi). Oleh karena itu, kita dapat melihat perubahan teknologi pada saat pengetahuan teknik kita meningkat.
Dalam bahasa Indonesia game berarti permainan. Permainan yang dimaksud dalam game juga merujuk pada pengertian sebagai kelincahan intelektual (intellectual playability). Sementara kata game bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Maka bermain game merupakan suatu proses fine tuning (atau penyamaan frekuensi) dari logika berpikir anak-anak kita dengan logika berpikir aplikasi komputer yang canggihtadi. Pada saat bersamaan, game juga secara nyata mempertajam daya analisis para penggunanya untuk mengolah informasi dan mengambil keputusan cepat yang jitu. Namun, tentu saja kenyataan juga harus kita masukkan kedalam perhitungan. Kenyataan itu diantaranya adalah kecanduan para pemain / penggunanya yang akut terhadap permainan komputer semacam ini. Mereka bisa lupa segala-galanya akan tugas mereka yang lain termasuk tugas menuntut ilmu.
Perkembangan teknologi sangat berpegaruh terhadap perkembangan game, dimana perubahannya akhir-akhir ini makin pesat berkembang. Pada sekitar awal dekade 80-an, sebenarnya sudah ada persaingan ketat antar perusahaan game dalam memasarkan produknya. Game yang populer dengan nama video game ini hanya bisa dimainkan oleh satu atau dua orang pemain pada sebuah console. Pesawat televisi dibutuhkan sebagai media tampilan. Jenis game-nya juga masih sangat sederhana dengan grafik yang sangat kasar. Tampilannya mirip seperti game dari bahasa program Java, yang bisa dimainkan di handphone sekarang ini. Perusahaan game yang terkenal pada saat itu adalah Atari, Sega dan Nintendo.
Definisi lainnya (digunakan dalam ekonomi) adalah teknologi dilihat dari status pengetahuan kita yang sekarang dalam bagaimana menggabungkan sumber daya untuk memproduksi produk yang diinginkan( dan pengetahuan kita tentang apa yang bisa diproduksi). Oleh karena itu, kita dapat melihat perubahan teknologi pada saat pengetahuan teknik kita meningkat.
Dalam bahasa Indonesia game berarti permainan. Permainan yang dimaksud dalam game juga merujuk pada pengertian sebagai kelincahan intelektual (intellectual playability). Sementara kata game bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Maka bermain game merupakan suatu proses fine tuning (atau penyamaan frekuensi) dari logika berpikir anak-anak kita dengan logika berpikir aplikasi komputer yang canggihtadi. Pada saat bersamaan, game juga secara nyata mempertajam daya analisis para penggunanya untuk mengolah informasi dan mengambil keputusan cepat yang jitu. Namun, tentu saja kenyataan juga harus kita masukkan kedalam perhitungan. Kenyataan itu diantaranya adalah kecanduan para pemain / penggunanya yang akut terhadap permainan komputer semacam ini. Mereka bisa lupa segala-galanya akan tugas mereka yang lain termasuk tugas menuntut ilmu.
Perkembangan teknologi sangat berpegaruh terhadap perkembangan game, dimana perubahannya akhir-akhir ini makin pesat berkembang. Pada sekitar awal dekade 80-an, sebenarnya sudah ada persaingan ketat antar perusahaan game dalam memasarkan produknya. Game yang populer dengan nama video game ini hanya bisa dimainkan oleh satu atau dua orang pemain pada sebuah console. Pesawat televisi dibutuhkan sebagai media tampilan. Jenis game-nya juga masih sangat sederhana dengan grafik yang sangat kasar. Tampilannya mirip seperti game dari bahasa program Java, yang bisa dimainkan di handphone sekarang ini. Perusahaan game yang terkenal pada saat itu adalah Atari, Sega dan Nintendo.
B. Bisnis dalam Game Komputer
Bisnis dalam game komputer
berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi canggih saat ini. Dahulu
kita hanya dapat menikmati game yang tersedia di dalam komputer itu sendiri,
seperti pinball dan solitaire. Namun sekarang sudah tersedia game online, dan
juga games yang dapat didownload baik free maupun berbayar. Games berbayar juga
merupakan bisnis karena sama saja dengan kita mengeluarkan uang untuk membeli
sebuah barang.
Perkembangan lainnya ialah warung internet atau yang sering kita dengar dengan istilah warnet. Warnet kini identik dengan game online yang mereka sediakan, adapun game berbayar yang disediakan warnet sehingga kita hanya tinggal memainkannya. Baik anak kecil hingga orang dewasa mempunyai hobi bermain game online ini. Dengan menyediakan tempat, perangkat komputer yang lengkap, dan fasilitas pendukung lainnya, membuat gamers betah berlama-lama untuk bermain.
Industri game memang masih terbilang baru di Indonesia. Kendati begitu, perkembangannya sudah sangat pesat dan menjadi bisnis yang sangat menggiurkan. Penyebab utamanya adalah berkembangnya era teknologi dan komunikasi. Perkembangan ini terlihat dari banyaknya game center yang terus bermunculan, terutama yang menyediakan jasa gameonline. Bukan tanpa alasan game online menjadi semakin marak dan digandrungi, karena fasilitas online memungkinkan sebuah game dapat dimainkan oleh 100 orang lebih secara bersama-sama dalam satu waktu.
Contoh untuk bisnis dalam game
komputer itu beragam. Seperti kita dituntut melakukan pembayaran untuk game
tersebut. Maksud dari pembayaran ini adalah bagaimana perusahaan game online
mendapatkan uang dari gamesnya. Bedasarkan kategori ini games online dapat
dibedakan menjadi 2 yaitu:
- Pay Per Item, game yang berada pada category ini merupakan game yang bisa diinstall atau dimainkan secara gratis, dan game ini biasanya mengenakan biaya pada pemainnya apabila pemainnya ingin cepat menaikkan level atau membeli barang (item) langka yang tidak pernah dijumpai pada permainan. Jenis game seperti ini yang paling dijumpai di Indonesia. Contoh: Gunbound, Ragnarok, Ghost Online, dan lain sebagainya.
- Pay per Play, game ini harus dibeli dan diinstal secara legal karena pada saat diinstal game terebut akan mendaftarkan pemain ke internet langsung dan apabila yang diinstal adalah program bajakan maka secara otomatis system akan memblokirnya. Contoh: The Division, Fifa, dan lain sebagainya.
- Pay Per Item, game yang berada pada category ini merupakan game yang bisa diinstall atau dimainkan secara gratis, dan game ini biasanya mengenakan biaya pada pemainnya apabila pemainnya ingin cepat menaikkan level atau membeli barang (item) langka yang tidak pernah dijumpai pada permainan. Jenis game seperti ini yang paling dijumpai di Indonesia. Contoh: Gunbound, Ragnarok, Ghost Online, dan lain sebagainya.
- Pay per Play, game ini harus dibeli dan diinstal secara legal karena pada saat diinstal game terebut akan mendaftarkan pemain ke internet langsung dan apabila yang diinstal adalah program bajakan maka secara otomatis system akan memblokirnya. Contoh: The Division, Fifa, dan lain sebagainya.
C. 3D Engine & Scene Graph
Di dalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi. Grafik 3D ini tersimpan didalam komputer untuk keperluan kalkulasi atau rendering gambar 3D. Pada 3D, engine bukanlah exutable program, artinya engine tidak bisa dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri.
3D engine adalah sistem perangkat lunak yang dibuat dan dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (renderer) untuk 2D/3D grafis.
Berbeda dengan dukungan grafik 2D yang sudah built in, dukungan Java terhadap grafik 3D diletakkan ke dalam API terpisah, yakni Java3D. Java3D merupakan API 3D berbasis scene graph di platform Java, dimana scene graph merupakan sebuah pohon yang berisi hierarki data scene. Di dalam api Java3D didefinisikan sejumlah kelas dan interface yang menyediakan beragam operasi grafik 3D.
Scene
graph merupakan inti dari Java3D. Sebuah
scene graph merupakan g rafik yang mempresentasikan geometri, material, dan
pencahayaan. Scene graph dimulai dari root dengan sebuah Virtual Universe dan
mencakup transformasi serta geometri untuk mendefinisikan objek di dunia maya.
Secara garis besar, ada tiga tahap fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan
objek 3D, yaitu:
- Menciptakan objek Canvas3D
- Menciptakan sebuah scene graph
- Menghubungkan objek Canvas3D ke objek BranchGroup yang menunjuk root dari scene graph
- Ogre 3D
Objected-Oriented Graphics Rendering
Engine atau bisa disingkat dengan OGRE merupakan engine yang object oriented
& flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis dengan menggunakan
bahasa C++ serta didesain agar mampu men-developer dengan mudah kepada aplikasi
produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphic. Gambaran
abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti Direct3D & OpenGL, serta
menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek dan class objek yang lebih
tinggi.
OGRE hanya digunakan untuk
me-render. Dengan kata lain, fitur OGRE hanya khusus menangani vector &
matOix classes, memory handling, dan lain lain. Ini bukan lah salah satu dari
semua solusi dalam istilah game development/simulasi. OGRE tidak menyediakan
audio/physics support.
Walaupun penjelasan diatas bisa
dikatakan sebagai kelemahan dari OGRE itu sendiri, akan tetapi semua itu
sebanding dengan kemampuan grafis yang ada pada game engine tersebut. Kelebihan
yang paling menonjol pada OGRE adalah graphics engine yang bisa memberikan para
developer sebuah kebebasan untuk menggunakan physics apapun, input, audio,
& library lainnya. OGRE memberikan para tim development untuk fokus pada
graphics daripada beberapa sistem-sistem yang ada dalam game development. OGRE
dapat mendupport OIS, SDL, CEGUI libraries. Sekarang ini OGRE adalah publish
dibawah dua lisensi, yaitu LGPL & OUL. Maka sekarang ini para publish
tersebut membuka OGRE sebagai free/open source software.
Fitur-fitur pada OGRE:
- Desain yang object-oriented dengan menggunakan plugin untuk mempermudah memasukkan fitur lainnya
- Engine berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & paging landscape scene manager
- Multi-platform dengan dukungan OpenGL & Direct 3D. Bisa me-render konten yang sama di beda platform tanpa harus mempunyai content creator. dapat diakses pada platform Linux, Mac OS, dan semua versi Windows
- OGRE mendukung program vertex dan fragment selama ditulis dengan GLSH, HLSL, Cg, dan assembler
- The landscape scene manager untuk progressive LOD, yang mana bisa dibuat secara otomatis dan manual
- Engine annimasi yang men-support penuh untuk multiple hardware
- Processing
Processing adalah bahasa pemrograman
dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source yang digunakan untuk
memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing digunakan untuk
mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi
sebagai buku sketsa perangkat lunak dan alat produksi profesional. Processing
mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan
metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.
Processing merupakan suatu projek
yang dinisiasi oleh Ben fry dan casey reas. Berkembang dari ide-ide yang
dieksplorasi di Aesthetics and Computation Group (ACG) di Mit Media Lab. Projek
ini kini terus diperbaiki dan dikelola oleh sejumlah Tim Voluntir.
- Game Maker
Game Maker adalah software yang bisa
membantu anda menjadi pengembang game komputer tanpa menggunakan coding
sedikitpun. Dapat digunakan untuk membuat 3 dimensi dan Multiplayer. Game Maker
dapat menjadikan hak penuh dari software (game) yang anda buat termasuk dapat
menjual game tersebut, bahkan bisa mendownload musik, efek suara, gambar,
script, serta background.
- Unity 3D
Unity 3D adalah sebuah game
developing software. Dengan software ini, kita bisa membuat game 3D yang seru.
Game developer ini sangat mudah digunakan, dengan GUI yang memudahkan kita
untuk membuat derta mengedit script untuk menciptakan sebuah game 3D. Selain
bisa untuk build game PC, Unity juga dapat digunakan untuk membangun game
console seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360, juga Ipad, Iphone, dan Android.
Namun masing-masing membutuhkan biaya lisensinya sendiri. Unity kurang lebih
sama dengan Blender game engine, namun unity lebih ringan dan diintegrasi lebih
dalam suasana grafik.
Kelebihan Unity terdapat pada
multiple platform, artinya banyak platform yang disupport oleh unity, seperti
Windows, Mac, iPhone, iPad, Android, Nintendo Wii, dan juga browser. Untuk
browser, kita memerlukan sebuah plug-in, yaitu Unity Web player, sama halnya
dengan Flash Player pada browser. Pada unity, kita tidak bisa melakukan
desain/modelling dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jadi jika kita
ingin mendesain, dibutuhkan 3D editor lain seperti 3Dsmax atau Blender,
kemudian kita export menjadi format .fbx.
D. Desain Skenario, Script, dan
Storyboard Game Komputer Game
Design Concept/Skenario merupakan bahasa terjemahan dari Konsep desain permainan,
atau biasa disebut juga Perancangan konsep permainan. Perancangan konsep
permainan adalah suatu proses pengembangan atau perancangan dalam membangun
sebuah skenario seperti desain gameplay, karakter atau tokoh, lingkungan selama
tahap produksi game tersebut. Perancang game biasa disebut juga sebagai
sutradara pada sebuah film, karena membutuhkan skenario dan adegan yang
dibintangi oleh masing-masing karakter pada game tersebut.
Game script sendiri berfungsi untuk mendokumentasikan rules dan
core-mechanics pada sebuah game. Fungsinya adalah untuk membuat suatu aturan
yang mendetail pada sebuah game dan agar kita bisa mengetahui cara memainkan
game tersebut.
Pada saat pemilihan bahasa
pemrograman yang digunakan untuk membuat suatu game perlu diperhatikan beberapa
syarat berikut ini:
1. Speed : Bahasa script untuk
sebuah game harus memiliki kemampuan berjalan secepat mungkin.
2. Kompilasi dan Interpretasi
Bahasa script jika ditinjau secara
luas diinterpretasikan melalui susunan suatu rangakaian byte. Interpreter akan
melihat script setiap baris, serta penyusunan sesuai maksud dari script itu
sendiri dan melakukan tindakan yang spesifik. Suatu byte akan
terkompilasi, dan akan dikonversi atau diubah dari teks menjadi suatu byte code.
Byte code biasanya lebih padat jika dibandingkan dengan format teks, mengapa
disebut lebih padat? Jawabannya adalah karena kode byte dalam suatu format akan
lebih optimal ketika dieksekusi, sehingga dapat berjalan lebih cepat.
3. Ekstensibilitas dan Integrasi
Bahasa script sangat dianjurkan
mempunyai akses ke fungsi yang signifikan ke dalam sebuah game. Sebuah script
untuk mengendalikan sebuah karakter misalnya, harus dapat memiliki kemampuan
untuk menanyai game untuk mencari tahu apa y ang bisa dilihat dan selanjutnya
membiarkan game mengerti apa yang harus dilakukan untuk melakukan aksinya.
4. Re-Entrancy : Fungsi ini sering
berguna untuk memanggil script secara ulang sehingga bisa digunakan kembali.
Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah. Melalui storyboard kita dapat menyampaikan ide cerita maupun alur game kita kepada orang lain dengan lebih mudah.
E. Artificial Intelligence
Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) adalah kecerdasan yang diciptakan dan dijalankan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan manusia, bahkan bisa lebih baik lagi dari yang telah dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
AI dari Berbagai Sudut Pandang
AI dapat dilihat dari berbagai sudut
pandang, antara lain :
Sudut Pandang Kecerdasan : AI akan
membuat mesin menjadi “cerdas” (mampu berbuat seperti apa yang dilakukan
manusia).
Sudut Pandang Penelitian : AI
membuat komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dikerjakan manusia atau
bahkan lebih baik dari yang sudah dikerjakan manusia.
Sudut Pandang Bisnis : AI merupakan
kumpulan peralatan yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan
masalah-masalah bisnis.
Sudut Pandang Pemrograman : AI
meliputi studi tentang pemrograman simbolik, penyelesaian masalah (problem
solving) dan pencarian (searching).
Artificial Intelligence dalam Game
Game AI adalah aplikasi untuk
memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun
karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut
bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan buatan dalam hal
interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang
bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan
sesama manusia. Contoh media interaksi ialah:
- Penglihatan (vision)
- Suara (voice), ucapan (speech)
- Gerakan anggota badan ( gesture)
Untuk pembentukan Artificial
Intelligence pada game ternyata digunakan pula algoritma, yaitu jenis pohon
n-ary untuk suatu struktur. Implementasi pohon (tree) ini biasa disebut game
tree. Berdasarkan game tree inilah sebuah game disusun algoritma kecerdasan
buatannya.
F. Arsitekur Game Engine
Game engine merupakan sistem yang dibuat dan dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan video game. Tipe-tipe game engine:
1) Roll Your Own Game Engine
Tipe game engine ini banyak disukai
karena gratis, dan juga mengizinkan pada developer untuk mengintegrasikan
komponen yang dinginkan untuk dibuat menjadi game engine mereka sendiri.
2) Mostly Ready Game Engine
Pada game engine ini sudah menyediakan
semuanya begitu diberikan kepada developer/programmer.
3) Point and Click Engine
Engine ini merupakan engine yang
sangat dibatasi tetapi dibuat secara user friendly. Bahkan anda dapat membuat
game sendiri dengan menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder,
dan Unity3D.
Referensi :
0 komentar:
Posting Komentar