BLENDER
Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka
grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini
digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D,
aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur
termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan,
simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat
digital, dan rendering
- Panel Utama pada blender :
1. Menu
Pada menu terdapat :
a)
File yang merupakan menu utama untuk melakukan new, open, save, close, setting
dan yang lainnya sebagai mana pada program 3D lain.
b)
Add digunakan untuk menambahkan objek-objek, seperti kamera, lighting dan objek
3D.
c)
Timeline digunakan untuk mengatur animasi pada blender.
d)
Game berguna untuk memulai scripting program game.
e)
Render berfungsi untuk melihat hasil rendering dan settingnya.
f)
Help digunakan untuk melihat bagaimana blender bekerja dan berbagai jawaban
untuk pertanyaan dari user.
2.
View Port
Pada
View Port, terdapat 3 objek, yaitu Cube, Ligthing dan Camera. Secara default,
View Port memiliki axis X dan Y. dan didalam view port ini kita bisa melihat
project dalam berbagai macam sudut dan dapat mengatur letak dan kamera serta
sebagainya.
3. Tool Button
a)
Translate Manipulator Mode, yaitu mempunyai simbol segitiga merah, pengunaanya
bisa dengan menekan Ctrl+Alt+G, dan kegunaannya adalah untuk mengambil objek.
b)
Rotate Manipulator Mode, yaitu mempunyai simbol lingkaran hijau, pengunaan bisa
dengan menekan Ctrl+Alt+R, dan kegunaannya untuk merotasi objek.
c)
Scale Manipulator Mode, yaitu mempunyai simbol persegi biru, pengunaan bisa
dengan menekan Ctrl+Alt+S, dan pegunaannya untuk memperbesar atau memperkecil
objek.
d)
Transform Orientation, yaitu digunakan untuk merubah orientasi saat
mentransformasi.
e)
Rotating / Scalling Pivot, yaitu mempunyai simbol titik hitam beserta tanda
panah, selain itu pivot adalah titik pusat dari suatu objek, secara default
pada blender kita menggunakan Median Point.
- Tools untuk membuat objek 3D pada blender :
a)
Modeling, digunakan untuk pembuatan model pada awal 3D.
b)
UV Mapping, . Fungsi software blender tentang-software-blender.htmldigunakan
untuk memindahkan objek berdasarkan vertexnya.
c)
Texturing, digunakan untuk melakukan pembuatan textur pada objek bisa dengan
meload gambar dari kita sendiri, ataupun dari bawaan blender.
d)
Rigging, digunakan untuk pembuatan tulang/ bones pada objek.
e)
Skinning, digunakan untuk pemberian skin pada objek/ model.
f)
Animasi, digunakan untuk pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan
mengunakan time line.
g)
Particle, digunakan untuk pembuatan particle pada objek / model.
Sedangkan
untuk simulasi tedapat:
1.
Scripting
2.
Rendering
3.
Compositing
4.
Post production
5.
Game creation.
- Fitur software blender
Header:
Menu utama Blenderyang terdiri atas File, Add, Render, dan Help.
Viewport : Tampilan yang terdiri dari objek 3D atas objek lainnya.
Toolbar : Terdiri atas daftar toolsyang memiliki sifat dinamis menurut objeknya.
Outliner : Struktur data dari objek pada Blender.
Properties: Panel yang memuat berbagai macam perintah untuk me modiļ¬kasi objek atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau toolsyang sedang aktif.
Timeline : Instruksi yang terkait dengan frame animasi atau untuksequencer.
Viewport : Tampilan yang terdiri dari objek 3D atas objek lainnya.
Toolbar : Terdiri atas daftar toolsyang memiliki sifat dinamis menurut objeknya.
Outliner : Struktur data dari objek pada Blender.
Properties: Panel yang memuat berbagai macam perintah untuk me modiļ¬kasi objek atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau toolsyang sedang aktif.
Timeline : Instruksi yang terkait dengan frame animasi atau untuksequencer.
Screen
Layouts : Saat membuka Blender, Anda dapat memilih layout animation yang merupakan
tampilan untuk mengerjakan animasi dan lain-lain. Tools ini berada pada pojok
kiri atas layar, merupakan bagian dari Main Header yaitu menubar yang ada
di bagian atas pada tampilan Blender.
Splitting Windows : Splitting windows atau pembagi tampilan lembar kerja pada software Blender, Splitting windowsdalam pembuatan simulasi visual 3D sering kali digunakan. Contohnya dalam pemodelan 3D diperlukan lebih dari 1 windows. Splitting windows adalah
Splitting Windows : Splitting windows atau pembagi tampilan lembar kerja pada software Blender, Splitting windowsdalam pembuatan simulasi visual 3D sering kali digunakan. Contohnya dalam pemodelan 3D diperlukan lebih dari 1 windows. Splitting windows adalah
membagi
menjadi 2 windows dalam tipe yang sama dan dapat dilakukan secara horizontal
maupun vertical. Berikutcara melakukan splitting windows.
Shortcut
of Numpad : Bagipara pengguna laptop disarankan untuk mengaktifkan Emulate Nump
ad, karena berguna untuk menggantikan tombol Numpad, sehingga bisa menggunakan
perinta h Numpad dengan menekan tombol angka pada keyboard bagian atas.
Snap 3D Cursor : Pada dasarnya 3D Cursor digunakan untuk menentukan letak objek, sedangkan Snap merupakan sebuah alat bantu dalam menemukan titik acuan.Cara melakukan snap3D cursor adalah dengan menekan SHIFT + S .
Adding Object Adding Object : merupakan sebuah menu untuk menambahkan objek pada bidang 3D. Lakukan dengan cara menekan SHIFT+A atau pilih menu Add pada Header menu.
Snap 3D Cursor : Pada dasarnya 3D Cursor digunakan untuk menentukan letak objek, sedangkan Snap merupakan sebuah alat bantu dalam menemukan titik acuan.Cara melakukan snap3D cursor adalah dengan menekan SHIFT + S .
Adding Object Adding Object : merupakan sebuah menu untuk menambahkan objek pada bidang 3D. Lakukan dengan cara menekan SHIFT+A atau pilih menu Add pada Header menu.
Transformation
: adalah upaya untuk menggeser atau memutar atau mengubah ukuran objek.
- Dasar transformasi dalam Blender :
Grab / Move : menggeser objek dengan menekan tombol [G]
Rotation : memutar objek dengan menekan tombol [R]
Scale : menskala (memperbesar atau memperkecil) objek dengan menekan tombol [S]
Rotation : memutar objek dengan menekan tombol [R]
Scale : menskala (memperbesar atau memperkecil) objek dengan menekan tombol [S]
Untuk mentransformasikan objek berdasarkan sumbu(x,y,z),Anda dapat menggunakan shortcut keyboard, Grab / Move
[G] [G]+[X] : objek akan bergeser pada sumbu X.
[G]+[Y] : objek akan bergeser pada sumbu Y.
[G]+[Z] : objek akan bergeser pada sumbu Z.
[G]+[Shift ]+[X] : objek akan bergeser pada sumbu Y dan Z karena sumbu X telah dikunci agar tidak berubah
- Keunggulannya Belender
a)
Tampilan dan pengunaan yang mudah dipahami dan tertata rapi.
b)
Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping,
texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya,
scripting,r endering, compositing, post production dan game creation.
c)
Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform.
d)
Blender 3D dapat digunakan pada semua system operasi baik windows, Linux, OS X,
FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
e)
Kualitas arsitektur 3D dengan berkualitas yang tinggi dan bisa dikerjakan dengan
lebih cepat dan efisien.
f)
Mempunyai forum dan komunitas yang dapat membantu kita untuk menyelesaikan
project yang di buat.
g)
File yang berukuran kecil.
h)
Terlebih lagi Free atau gratis.
Referensi :
0 komentar:
Posting Komentar