LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM
Mata Praktikum :
Algoritma dan Pemrograman 3
Kelas :
Praktikum ke- :
6
Tanggal :
Materi : Array pada C
NPM :
Nama :
Ketua Asisten :
Nama Asisten :
Paraf Asisten :
Jumlah Lembar :
LABORATORIUM INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015
LISTING PROGRAM
# include
<stdio.h>
int
choice;
main() {
clrscr();
while(1)
{
printf("\n\n");
printf("+===================+ \n");
printf("| Menu
Utama | \n");
printf("+===================+ \n");
printf("| 1. Array
| \n");
printf("| 2. Segitiga Bolong| \n");
printf("| 3. Quit
| \n");
printf("+===================+ \n");
printf("Masukkan Pilihan : ");
scanf("%i",&choice);
printf("\n\n");
switch(choice)
{
case 1 :
clrscr();
clrscr();
array();
break;
case 2 :
clrscr();
segitiga();
break;
case 3:
clrscr();
exit(1);
default:
printf("Salah Memasukkan
Pilihan tuh. . ! \n");
}
}
}
array(){
int
indeks[100],e,j,k;
clrscr();
printf("\n PROGRAM ARRAY SEDERHANA
");
printf("\n
========================");
printf("\n masukkan jumlah elemen
array : ");
scanf("%d", &e);
clrscr();
printf("\n Masukkan nilai :
\n");
printf("======================\n");
for (j=0;j<e;j++){
printf("indeks [%d]=",j);
scanf("%d",
&indeks[j]);
}
printf("\n
===================================");
printf("\nmasukkan array yang ingin
ditampilkan :");
scanf("%d", &k);
printf("\n Nilai indeks ke-%d",
k );
printf(" adalah %d ",
indeks[k]);
return 0;
}
segitiga(){
int
c,z,x,w,y,l;
clrscr();
printf("Masukkan Angka : ");
scanf("%d", &x);
for(w=1;w<=x-1;w++){
for(y=x;y>=w;y--){
printf(" ");}
for(z=1;z<=w;z++){
if (z==1 || z==w){
printf("* ");}
else{
printf(" ");}}
printf("\n");}
printf(" ");
for(l=1;l<=x;l++){
printf("* ");}
getch();
return 0;}
|
LOGIKA PROGRAM
# include
<stdio.h>
int
choice;
|
Pada
Listing diatas
ini merupakan bagian Utama pada bahasa pemrogran C atau bisa disebut juga
library pada bahasa C. Dimana #include
<stdio.h> digunakan untuk menampilkan perintah-perintah fungsi seperti
scanf, printf, dll. Sedangkan int choice,
digunakan untuk mendeklarasikan variabel choice yang bertipe data integer.
main() {
clrscr();
while(1)
{
printf("\n\n");
printf("+===================+ \n");
printf("| Menu
Utama | \n");
printf("+===================+ \n");
printf("| 1. Array
| \n");
printf("| 2. Segitiga Bolong| \n");
printf("| 3. Quit
| \n");
printf("+===================+ \n");
printf("Masukkan Pilihan : ");
scanf("%i",&choice);
printf("\n\n");
|
Pada
listing diatas terdapat perulangan
while(1) yang berarti jika bernilai 1 maka kita akan menjalankan sebuah
menu dengan format seperti gambar diatas selanjutnya kita mencetak masukan
pilihan dan menginputnya dengan scanf("%i",&choice);
yang diinputkan harus bertipe data integer pada variabel choice.
switch(choice)
{
case 1 :
clrscr();
clrscr();
array();
break;
case 2 :
clrscr();
segitiga();
break;
case 3:
clrscr();
exit(1);
default:
printf("Salah Memasukkan
Pilihan tuh. . ! \n"); }}}
|
Pada listing diatas kita menggunkan kondisi
percabangan switch case. Dimana pada case
1 atau pilihan pertama akan memanggil fungsi atau method array() yang telah kita buat.
Selanjutnya pada case 2 atau pilihan
dua akan memnaggil sautu fungsi atau method segitiga() yang telah kita buat juga. Dan pada case 3 akan membersihkan layar dan akan keluar dari program,
sedangkan selain itu kita akan mencetak “Salah
Memasukkan Pilihan tuh. .”
array(){
int
indeks[100],e,j,k;
clrscr();
printf("\n PROGRAM ARRAY SEDERHANA
");
printf("\n
========================");
printf("\n masukkan jumlah elemen
array : ");
scanf("%d", &e);
clrscr();
printf("\n Masukkan nilai :
\n");
printf("======================\n");
for (j=0;j<e;j++){
printf("indeks [%d]=",j);
scanf("%d",
&indeks[j]);
}
printf("\n
===================================");
printf("\nmasukkan array yang ingin
ditampilkan : ");
scanf("%d", &k);
printf("\n Nilai indeks ke-%d",
k );
printf(" adalah %d ",
indeks[k]);
return 0;
}
|
Pada listing diatas merupakan sautu fungsi atau method yang akan
menampilkan suatu indeks dari array yang
bernilai maksimal 100 dan variabel yang terdapat e,j,k yang bertipe data
integer . Dimana dari beberapa indeks dapat dipilih indeks yang ingin
ditampilkan. Selanjutnya mencetak “masukan
jumlah elemen array” kemudian menginputnya kedalam
variabel e, selajutnya masuk
keperulangan for yang akan mencetak indeks dari niali j yang bertipe data
integer desimal dan kita menginputnya ke variabel indeks [j]. Syntak
selanjutnya digunakan untuk menapilkan hasil dari array dan indeksnya. Setalah itu return 0 akan mengembalikan nilai menuju Menu Program.
segitiga(){
int
c,z,x,w,y,l;
clrscr();
printf("Masukkan Angka : ");
scanf("%d", &x);
for(w=1;w<=x-1;w++){
for(y=x;y>=w;y--){
printf(" ");}
for(z=1;z<=w;z++){
if (z==1 || z==w){
printf("* ");}
else{
printf(" ");}}
printf("\n");}
printf(" ");
for(l=1;l<=x;l++){
printf("* ");}
getch();
return 0;}
|
Pada listing diatas merupakan
sautu fungsi atau
method yang akan menampilkan bentuk dari
segitiga sama kaki yang ditengah-tengahnya kosong. Dimana terdapat pendeklarasian suatu variable dengan tipe
data int c,z,x,w,y,l akan digunakan dalam fungsi ini. Selanjunya
kita mencetak “masukan angka” dan
menginputnya kedalam variabel x yang bertipe data integr. Baris berikutnya
terdapat dua kali perulangan for yaitu for(w=1;w<=x-1;w++)
dan for(y=x;y>=w;y--). Dimana
pada perulangan pertama digunakan variabel w dengan perulangan terus bertambah
satu dan perulangan kedua kondisinya akan terus berkurang satu. Dan perulangan
berikutnya menggunakan variabel z
dimana didalamnya memiliki kondisi percabangan jika z bernilai 1 atau z
bernilai sama seperti variabel w
maka akan dicetak “*”. Dan selain
dari itu akan dicetak spasi.
Perulangan terakhir menggunakan variabel L
dimana variabel L ini akan terus
bertambah satu dan mencetak “*”.
Terakhir return0 akan mengembalikan nilai
kembali ke menu awal dimana kita akan memilih lagi array, segitiga bolong atau
keluar.
OUTPUT PROGRAM
0 komentar:
Posting Komentar