Pages

Minggu, 13 Desember 2015

Tampilan dan Bagian Utama pada Borland Delphi 7



Tampilan Delphi

Tampilan utama program Borland Delphi 7 adalah seperti ditunjukkan pada gambar berikut:

Borland Delphi 7
Tampilan interface Borland Delphi 7

IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan terpadu pada program Delphi terbagi menjadi delapan bagian utama, yaitu:
1. Main Window
2. ToolBar
3. Component Palette
4. Form Designer
5. Code Editor
6. Object Inspector
7. Object TreeView
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 1 di atas. IDE merupakan sebuah lingkungan di mana semua tombol perintah yang diperlukan untuk mendesain aplikasi, menjalankan dan menguji suatu aplikasi disajikan dengan baik untuk memudahkan pengembangan program.

1. Menu Bar
Berfungsi untuk memilih tugas-tugas tertentu, seperti memulai, membuka, dan menyimpan
project, mengompilasi project menjadi file executable (EXE), dan lain-lain

Borland Delphi 7

Menu Bar

2. Toolbar
Delphi memiliki beberapa toolbar yang masing-masing memiliki perbedaan fungsi dan setiap tombol pada bagian toolbar berfungsi sebagai pengganti suatu menu perintah yang sering digunakan.
4
Toolbar
Toolbar terletak pada bagian bawah baris menu. Pada kondisi default Delphi memiliki enam bagain toolbar, antara lain: Standart, View, Debug, Desktops, Custom dan Componen Palette.

3. Component Pallete
Component Palette berisi kumpulan ikon yang melambangkan komponen-komponen yang terdapat pada VCL (Visual Component Library). Pada Componen Palette Anda akan menemukan beberapa page control, seperti Standart, Additional, Win32, System, Data Access dan lain-lain seperti tampak pada gambar 4
Borland Delphi 7
Component Palette
Ikon tombol Pointer terdapat di setiap page control. Tombol ini dipakai untuk menekan atau memilih posisi. Jika Anda memilih sebuah item dari sebuah page control, tombol pointer ini akan berada dalam keadaan tidak aktif. Hal ini berarti Anda akan meletakkan komponen pada form, Anda cukup klik pada form.

4. Form Designer
Merupakan suatu objek yang dapat dipakai sebagai tempat untuk merancang program aplikasi. Form berbentuk sebuah meja kerja yang dapat diisi dengan komponen-komponen yang diambil dari Component Palette. Pada saat Anda memulai Delphi, Delphi akan memberikan sebuah form kosong yang disebut form1, seperti gambar 5 di bawah ini.
Borland Delphi 7
 Lembar kerja Form
Sebuah form mengandung unit yang berfungsi untuk mengendalikan form dan Anda dapat mengendalikan komponen- komponen yang terletak dalam form dengan menggunakan Object Inspector dan Code Editor.

5. Code Editor
Code Editor merupakan tempat di mana Anda dapat menuliskan kode program. Pada bagian ini Anda dapat menuliskan pernyataan-pernyataan dalam Object Pascal. Satu diantara keuntungan bagi pengguna Delphi adalah bahwa Anda tidak perlu menuliskan kode-kode sumber, karena Delphi telah menyediakan kerangka penulisan sebuah program seperti pada gambar di bawah ini.
Borland Delphi 7
Lembar kerja Code Editor

6. Object Inspector
Digunakan untuk mengubah properti atau karakteristik dari sebuah komponen. Object Inspector terdiri dari dua tab, yaitu Properties dan Events seperti gambar 7 di bawah ini.
Borland Delphi 7
Lembar kerja Object Inspector

7. Object TreeView
Object TreeView menampilkan diagram pohon dari komponen-komponen yang bersifat visual maupun nonvisual yang telah terdapat dalam form, data module, atau frame. Object TreeView juga menampilkan hubungan logika antar komponen. Apabila Anda mengklik kanan salah satu item yang terdapat di dalam diagram pohon, Anda dapat melihat konteks menu komponen versi sebelumnya. Untuk mengakses menu secara penuh, klik kanan pada komponen yang sama dalam form, data module, atau frame.
Borland Delphi 7
Object TreeView

Referensi :
http://www.indo-cybershare.com/2015/08/free-download-borland-delphi-7-full-serial.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Delphi_%28programming_language%29

http://www.lamoera.com/2012/10/apa-itu-borland-delphi-7_16.html

0 komentar:

Posting Komentar