Dota 2 dimainkan oleh 2 team yang beranggota 5
orang pemain, setiap tim memiliki markas yang berada dipojok peta, setiap
markas memiliki satu bangunan bernama "Ancient", Dimana tim harus
berusaha menghancurkan "Ancient" tim lainnya agar dapat memenangkan
pertandingan. Setiap pemain mengontrol satu karakter "Hero" yang
berfokus pada menaikan level, mengumpulkan gold, membeli item dan melawan tim
lawan untuk menang.
Pengembangan Dota 2 dimulai sejak tahun 2009.
Ketika pengembang mod DotA, Icefrog, dipekerjakan oleh Valve sebagai lead
designer. Dota 2 dipuji oleh kritikus karena gameplay-nya, kualitas pembuatan
dan kesetiaan pada gameplay pendahulu (DotA mod Warcraft 3). tetapi Dota 2 juga
menuai kritik sebagai game yang susah dipelajari dan para pemain yang tidak
ramah. Dota 2 menjadi game yang memiliki aktifitas pemain paling banyak di Steam,
dengan pucak 800,000 pemain online bersamaan setiap hari.
Pengenalan Game Dota 2
Dota 2 mengadu 2 tim berisikan masing-masing 5
pemain, tim sebelah kiri disebut "Radiant" dan tim sebelah kanan
disebut "Dire, dimana keduanya memiliki markas utama yang disebut Ancient
dan tim pertama yang berhasil menghancurkan Ancient lawan adalah pemenangnya.
Terdapat 3 jalan atau jalur (disebut ‘lanes’) yang menghubungkan kedua Ancient
tersebut dan pasukan (‘creeps’) yang spawn atau muncul secara berkala di
jalur-jalur tersebut, Setiap 'lanes' memiliki 3 menara yang akan menyerang hero
atau creeps didekatnya (disebut 'tower'). Pada tower terakhir terdapat 2
barracks yaitu melee barracks dan ranged barracks. Apabila melee barracks atau
ranged barracks hancur, Maka creeps musuh akan bertambah kuat (disebut 'super
melee creeps atau super ranged creeps), bertarung dengan ‘creeps’ lawan di
sepanjang pertempuran menuju Ancient lawan.
Masing-masing pemain dapat mengendalikan sebuah
unit/ karakter yang disebut ‘Hero’ yang dipilih pada awal permainan. Terdapat
lebih dari 100 Hero dengan type yang berbeda : Strength, Agility dan
Intelligence. Setiap Hero memiliki 4 skill (beberapa memiliki lebih) aktif
maupun pasif. Dengan membunuh creeps, menaikkan level, membeli item dan membuat
keputusan strategi, pemain akan berusaha menjelajah map untuk menghancurkan
Ancient lawannya.
Tipe-tipe hero (atribut)
Nah di DOTA
2 ini hero memiliki 3 tipe yaitu Agility, Strength dan Intelligence. Agility
adalah tipe hero yang memiliki keahlian pada kecepatan menyerangnya (attack
speed) dan armor, tipe ini biasanya adalah tipe yang kuat diakhir game (late
game). Strenth adalah tipe hero yang biasanya kuat healthpoolnya lebar dan
regenerasi darah atau hp lebih cepat, tipe ini biasanya adalah hero yang dapat
mendapat banyak damage dan membiarkan musuh menargetkan dirinya. Intelligence
adalah tipe untuk hero yang lebih banyak menggunakan kekuatannya maka dari itu
mereka memiliki manapool lebih lebar dan mana regen lebih cepat, tipe ini
biasanya adalah hero support yang membantu tim. Setiap hero memiliki semua
atribut, namun ada primary atributte yaitu atribut utama.
Setiap hero
memiliki point atribut yang berbeda-beda, setiap poin akan menambah satu damage
dan stats yang dimiliki, misalnya hero dengan primary agility memiliki attack
speed 0.2/s, 2 armor dan 10 damage, lalu dia membeli item yang menambah stats
(+agility) misalnya +10agility, maka attack speed menjadi 0.8/s, 4 armor dan 20
damage.
- Untuk Strength, setiap poinya menambah 19 health untuk hp maksimum dan menambah 0.03hp/detik. Apabila strength adalah primary attribute, maka setiap 1 poinya menambah 1 damage
- Untuk Agility, setiap poinya menambah 0.14 armor dan menambah 1 attack speed. Apabila agility adalah primary attribute, maka setiap 1 poinya menambah 1 damage
- Untuk Intelligence, setiap poinya menambah 13 mana untuk mana maksimum dan menambah regenerasi 0.04/detik. Apabila Intelligence adalah primary attribute, maka setiap 1 poinya menambah 1 damage
Referensi :
0 komentar:
Posting Komentar